Maldives: Backpacker Atau Open Trip?

(proses  ngumpulin ulang mood buat nulis)

Well, gue sebenernya pengen blabbering soal topik ini tadi pagi jam 8 di twitter, but ya, apa daya kudu siap-siap ke kantor etc, dan terpaksa ceritanya gue tunda. Nah, karena gue pengen masukin habit nulis blog supaya berubah jadi manusia-100%-blogger jadilah ceritanya nggak gue twit tapi gue tulis di sini, dengan harapan tulisan ini nggak lekang oleh waktu dan bisa jadi referensi selama info yang gue kasih masih relevan.

Kenapa Maldives?

Karena gue jadi founder sese-web yang jualan product ini. Jadi anggaplah ini soft selling sambil gue transfer ilmu buat kalian yang pengen banget jalan-jalan ke Maldives tapi budget terbatas.

Maldives itu ‘relatif’ aman, jadi kalau kalian pengen backpacker sendirian atau berdua atau bertiga, it’s okay. Syaratnya adalah kalian cukup punya waktu, karena yang namanya backpacker pasti nyari murah tapi kudu siap menempuh perjalanan yang agak ribet dan memakan waktu.

Penerbangan dari Indonesia ke Maldives selalu tiba malem. Kalian bisa pakai Tiger Air, Air Asia, atau Srilankan Airlines. Kalian bisa pilih dan combine, cari harga yang paling nice.

Kalau kalian ikut open trip, tiket yang dikover cuma 3 juta itu pun dari Kuala Lumpur atau Singapore, jadi kalau ada tambahan biaya bakalan dibebankan lagi, as usual, meskipun banyak yang expect dari Indonesia harganya segitu, meh.

(iya, meh, karena di situ saya sering merasa sedih pas menjelaskan)

Kalau kalian nggak dapet tiket promo, harga normal tiket ke Maldives 3,8jt – 4,8jt dari Jakarta. Kalau dapet promo tiket dari Kuala Lumpur ke Maldives cuma 1,5jt-an. Jadi kalau pengen ke Maldives rajin-rajinlah hunting tiket promo.

Oke, balik lagi ke poin satu kenapa Maldives ‘relatif’ aman? Karena gue pas pertama kali survey ke sana di Kota Male-nya kena scam. Untung cuma keluar uang $10 buat bayar jasa guide yang ngehe.

Jadi untuk pergi ke Pulau Maafushi kalau kita backpacker, dari Bandara kudu naik kapal ke Pulau Male dulu, nah untuk ke sana masih simpel, tiket dibeli di loket bandara dan kapal-kapal cepat juga berlabuh di depannya. Aman. Perjalanan dari Bandara ke Kota Male juga nggak lama. Yang nggak aman adalah pelabuhan yang menanti kita setelahnya, karena di sana banyak scam, so be careful, sebaiknya cari info yang banyak kalau ke sini.

Dari sini kalian bisa lihat Kota Male yang nggak bagus-bagus amat, mulai dari istana presiden, masjid, dll. Di sini nyaris nggak ada street food, dan toko souvenirnya pun meragukan, sebaiknya jangan belanja di sini sih saran gue langsung lanjut aja naik taksi ke pelabuhan di sisi lain Kota Male, di mana kapal ferry tujuan ke Maafushi berlabuh.

Kenapa gue nggak menyarankan kalian belanja di sini? Karena gue gak mau kalian kena scam bahkan pas belanja di toko souvenirnya (kecuali kalau mau belanja makanan di bakery atau apa). Pokoknya jangan bertampang bingung dan hindari tanya ke orang di Kota Male, jauh lebih aman kayak gitu, dan taksi juga ditawar dulu sebelum naik, harganya cuma $3, kalau lebih bye aja cari yang lain. Dan meskipun kalian mau backpacker jangan bodoh dengan memilih jalan kaki meskipun Kota Male itu kecil. Soalnya lumayan juga makan waktunya. Tahu sih ngirit, tapi nggak gitu juga kali. Kapal ferry ke Maafushi cuma dua kali sehari, hari jumat nggak ada jadi ini bahan pertimbangan juga kenapa kalian harus melakukan efisiensi waktu terutama kalau pilih kapal yang jadwalnya siang bukan pagi, dibanding ketinggalan terus terlantar dan harus nginap di Kota Male kan? Mana hotel di sana so… so… dan harganya mahal.

Gak enaknya backpacker ke Maldives cuma di situ sih, kalaupun kalian mau sewa speedboat sendiri harganya mahal. Enaknya pakai jasa open trip pas ke Maldives adalah sampai bandara kalian udah dijemput dan harga paketnya flat kalian berangkat ber-berapa pun. Karena kebanyakan open trip ke Maldives menerima minimal dua orang.

Jadi,

  1. Kalian menghemat waktu karena perjalanan dari Bandara ke Maafushi cuma 45 menit via speedboat
  2. Kalian lebih ngirit karena nggak perlu nginep di Kota Male atau Hulhumale karena nggak ada ferry ke Maafushi pas malem
  3. Terhindar dari scam

Oiya, hotel di Maldives harus udah di book dari Indonesia ya, jangan merepotkan diri book atau nyari di sana.

Nah itu sih tips kalau kalian super low budget traveller, nanti gue kasih lagi tips kenapa lebih baik ikut open trip di tempat gue dari pada pergi sendiri kalau kalian mau ke Maldives tapi nginep di resort-resortnya. Tunggu ya 🙂

Jakarta, 4 Agustus 2017
Leave a Reply

