I Will Always Be Daddy’s Little Girl

Saya pernah membaca sebuah tulisan dan mengamini isinya. Ketika kita masih anak-anak kita percaya ayah kita bisa melakukan dan memberikan apapun ke dalam genggaman tangan kita. Tetapi seiring kita tumbuh dewasa kita menyadari ayah kita hanya manusia biasa dengan begitu banyak kekurangan dan kesulitan, ia bukan superhero atau santa klaus yang setiap saat bisa membantu dan mengabulkan permintaan kita. Tetapi lama sekali saya terjebak dalam tempurung pemikiran anak-anak itu. Bahkan ketika saya belajar melepaskan diri dari belengu pikiran itu dan mulai belajar mandiri, pada saat menemui kesulitan atau jalan buntu saya akan datang pada ayah saya meminta bantuan beliau untuk menyelesaikan masalah-masalah saya. Saya akan menangis dan merenggek seperti Johnny Fontane di hadapan beliau. Karena di mata saya papa akan selalu seperti Don Corleone yang tidak akan membuang saya dan akan selalu mengabulkan permintaan saya.

Tetapi keluarga saya bukan keluarga mafia, kami hanya keluarga kecil biasa dengan sangat sedikit jumlah anggota keluarga sehingga kami hanya memiliki satu sama lain. Kesadaran itulah yang membuat saya menjadi tipe orang yang cenderung family centris. Secara emosional saya terikat dengan anggota keluarga saya. Kesulitan mereka menjadi kesulitan saya. Kesedihan mereka menjadi kesedihan saya. Senyum dan kebahagiaan mereka menjadi senyum dan kebahagiaan saya. Dengan pemikiran seperti ini ketika melihat salah satu dari mereka berselisih, saya akan berada di tengah-tengah agar keluarga saya tetap utuh. Meski luka itu ada saya yakin maaf dibantu dengan kekuatan waktu akan menyembuhkan luka kami perlahan-lahan.

Love you fams, mucho.

Jakarta, 17 Juni 2017
Leave a Reply

