Membuat Rencana Untuk Meningkatkan Produktifitas

“Panglima perang yang memenangkan pertempuran membuat banyak rencana di kemahnya sebelum peperangan dimulai. Sedangkan yang kalah adalah yang sebelumnya hanya membuat sedikit rencana saja.” –Sun Tzu


productive

Sebagai seorang entrepreneur, sering kita merasa kurang produktif dan kurang maksimal dalam bekerja. Masih ada saja waktu yang terkesan terbuang sia-sia, yang tidak kita manfaatkan dengan semestinya. Padahal kita ingin menghabiskan waktu yang sangat berhaga ini dengan produktif, efisien, serta efektif.

Nah, bagaimana caranya supaya kita keluar dari lubang hitam ini? Mengingat banyak dari kita merasa kekurangan waktu sedangkan yang lain merasa membuang-buang waktu. Hal ini membuat kita tidak lagi mengontrol hidup kita, tetapi waktulah yang memiliki kita seutuhnya.

Memiliki agenda adalah salah satu cara menyiasati problema pelik ini. Tetapi bagaimana caranya menulis rencana yang baik?

Tujuan

write-down

Sebagai seorang entrepreneur tentu Anda memiliki visi, misi, serta impian-impian. Untuk mencapai ini semua kita haruslah memiliki tujuan yang terarah dengan jelas terlebih dahulu. Pertama-tama kita harus mengetahui apa saja yang kita inginkan untuk bisnis kita, apa yang ingin kita capai, seberapa banyak, dan seberapa lama. Setelah semua itu ada di kepala dan tersimpan, tuangkan dalam selembar kertas.

Setelah selesai, tujuan ini akan kita pecah lagi menjadi tiga bagian. Tujuan jangka pendek (sekarang – 1 tahun), tujuan jangka menengah (1 – 5 tahun), tujuan jangka panjang (5 – 10 tahun). Mulai lihat dan bayangkan diri Anda dalam 3 periode itu.

Tujuan-tujuan tersebut haruslah jelas dan realistis, bisa Anda jalankan dan capai. Tulis 3 periode tujuan tersebut ke dalam agenda Anda secara mendetail, dan pastikan tujuan-tujuan tersebut fleksibel, serta seiring berjalannya waktu Anda bisa menambah atau mengurangi tujuan-tujuan tersebut.

Agar tujuan lebih terukur, bubuhkan secara rinci hari, tanggal, beserta waktu, kapan Anda akan merealisasikan tujuan-tujuan tersebut. Karena seperti yang kita ketahui siapapun yang tidak memiliki tenggat waktu atau deadline cenderung akan bersantai-santai dan bermalas-malasan.

Nah, setelah melihat ulang apa yang Anda tulis untuk mencapai semua tujuan itu Anda harus menyelesaikan tantangan sehari-hari. Untuk itu setiap malam, tulis hal-hal apa saja yang harus Anda kerjakan esoknya. Besok malamnya lihat seberapa banyak yang bisa Anda selesaikan.

Selamat mencoba!

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s