10 Tips Traveling Yang Sebaiknya Tidak Kita Abaikan

Ingin hengkang sejenak dari kegiatan berwirausaha dan menjajal traveling sebagai sarana untuk melarikan diri? Tetapi tunggu dulu! Sebelum memutuskan hendak kemana dan memilih-milih destinasi wisata terbaik untuk bertualang, simak dulu tips-tips di bawah ini. Karena tidak hanya ketika bekerja saja kita harus mengikuti prosedur yang tidak tertulis, kekita kita memutuskan berwisata pun ada hal-hal yang sebaiknya kita perhatikan. Semua ini untuk kebaikan kita sendiri.

1. Jangan Tampak Mencolok

Ketika berwisata hindarilah menggenakan perhiasan mahal apalagi ketika kamu memutuskan untuk menjelajah di malam hari. Jangan lupa simpan juga gadget mahalmu dari mata-mata pencuri.

2. Bawalah Dompet Kedua Sebagai Pengalih Perhatian

wallet02

Pencopetan adalah tindak kejahatan yang terorganisir, jarang yang dilakukan secara individual. Simpan dompetmu yang berisi uang dan barang-barang berharga di tempat yang aman. Gunakan dompet lain sebagai pengalih perhatian. Agar tampak meyakinkan, isi juga dengan kartu-kartu yang sudah tidak bisa digunakan.

3. Jangan Lupa Buat Salinan Identitas Diri dan Dokumen Perjalananmu

Ini sangat penting diperhatikan jika tiba-tiba saja pasportmu atau dokumen-dokumen penting yang lain hilang karena dicuri atau karena kelalaian kita sendiri.

4. Jangan Terlalu Tampak Sebagai Turis

tourist

Saat mengunjungi suatu kota, jauh lebih baik kita membaur dan low profile. Tidak perlu menggantung kamera di leher atau mengecek guidebook setiap beberapa menit sekali. Dengan membaur kita tidak akan menjadi sasaran empuk kejahatan.

5. Jangan Menyimpan Uangmu Disatu Tempat

Simpan uangmu dibeberapa tempat sekaligus, agar saat hilang kamu masih memiliki uang cadangan.

6. Bersikaplah Skeptis

sceptic

Jangan mudah percaya dengan orang asing meskipun mereka sangat baik terhadapmu, selalu bersikap waspada demi keamananmu sendiri.

7. Gunakan Asuransi Perjalanan

Tampak sepele namun sebenarnya tidak apalagi jika kamu gemar berpergian, setidaknya dengan memiliki asuransi perjalanan kita merasa sedikit aman apalagi jika sesuatu yang buruk menimpa kita.

8. Jangan Mabuk

Saat mabuk kita bisa menjadi target pencopetan yang mudah.

9. Cari Informasi Mengenai Lokasi Yang Kamu Tuju

info

Memiliki lebih banyak pengetahuan tentang tempat yang akan kita datangi tidak ada salahnya. Pengetahuan ini akan berguna dan bisa kita manfaatkan.

10. Patuhi Aturan Yang Berlaku

Di mana bumi kita pijak di situ langit kita jinjing. Selalu taati peraturan yang ada jika tidak ingin terlibat dengan masalah.

10 hal di atas adalah hal-hal sederhana yang bisa jadi kita lupakan saat hendak berpergian. Tetapi tidak ada salahnya untuk diikuti.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org
Advertisements

One thought on “10 Tips Traveling Yang Sebaiknya Tidak Kita Abaikan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s