Apakah Kamu Mengelola Keuangan Pribadimu Seperti Mengelola Keuangan Perusahaan?

Kira-kira seperti apa jadinya jika kamu bisa mengelola keuangan pribadimu seperti kamu tengah mengelola keuangan perusahaan? Tentunya arus keuangan pribadimu akan jauh lebih menyenangkan jumlahnya dari sekarang.

Poinnya, ketika kita mengelola suatu perusahaan kita selalu mengharapkan mendapatkan untung dari sana karena tujuan dari sebuah perusahaan adalah menghasilkan laba sebanyak-banyaknya. Begitu juga yang kita terapkan untuk penghasilan kita.

Di bawah ini adalah bagaimana caranya mengelola keuangan pribadi seperti mengelola keuangan yang ada di perusahaan.

Buatlah Income Streams

wallet

Setiap wirausaha tahu, untuk bisa sukses (mendapatkan banyak keuntungan) mereka membutuhkan lebih dari satu aliran dana penghasilan. Ini bisa diperoleh dari menjual berbagai macam produk atau menawarkan sebanyak mungkin jasa. Jika ada satu lini yang mereka miliki tidak menghasilkan uang mereka masih memiliki penghasilan lainnya. Untuk itu mulai dari sekarang milikilah bisnis sampingan. Tentunya ini bukan hal yang sulit dilakukan jika kita bersungguh-sungguh mengerjakannya. Hanya dibutuhkan kemauan dan usaha lebih dari biasanya.

Potong Biaya Operasional Sebanyak-banyaknya

Jika kita menjalankan bisnis, seberapa sering kita memperhatikan pengeluaran kita? Taruhan, perusahaan-perusahaan selalu memperhatikan pengeluaran mereka dan meminimalkan dalam jumlah yang serendah-rendahnya. Hal ini jugalah yang seharusnya kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, kita harus pandai melakukan budgeting. Jangan buang uangmu untuk hal-hal yang tidak ada artinya dan tidak memberikan nilai lebih.

Bayarlah Pegawaimu Lebih Dahulu

Tanpa membayar pegawai sebuah bisnis tidak akan berjalan, karena itu lakukan hal yang sama, perlakukan pegawai yang kita miliki di rumah sebagaimana kita ingin orang lain memperlakukan kita. Utamakan mereka dibanding dirimu terlebih dahulu, di atas kepentinganmu.

Dengan menjalankan kebiasaan ini, kita juga akan terbiasa memberi reward terlebih dahulu kepada diri kita sendiri, karena toh kita tidak mempekerjakan orang lain sebagai bawahan kita.

Asuransi

asurance

Bayangkan jika suatu usaha ritel terbakar apa yang akan terjadi? Atau bagaimana jika seorang pemilik perusahaan tiba-tiba meninggal dunia? Hal-hal seperti ini haruslah kita tanggulangi dengan menginvestasikan uang ke dalam asuransi untuk mengurangi resiko dikemudian hari.

Buat Uang Yang Kamu Miliki Jadi Berbunga dan Berlipat-lipat

Tidak perlu Dimas Kanjeng, caranya adalah dengan menginvestasikan uang yang kita miliki dengan bijak.

Berpikir Jangka Panjang

Dapatkah kamu bayangkan apabila kita mengelola keuangan pribadi seperti menjalankan sebuah bisnis? Berapa banyak yang akan kita hasilkan di masa mendatang? Maka dari itu buatlah rencana jangka panjang terhadap apa yang akan kamu lakukan untuk menghasilkan uang dan akan kamu gunakan untuk apa uang yang sudah kamu hasilkan. Selamat mencoba!

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s