Tahukah Kamu Harga Gas Mahal Juga Mempengaruhi Industri Rumah Sakit?

Jika kita menyandingkan kata harga gas mahal, gas bumi, dan rumah sakit dalam satu kalimat utuh, maka apa yang ada dalam pikiran pembaca?

Pernahkah sebelumnya kita berpikir jika uang yang kita keluarkan untuk membayar rumah sakit salah satunya digunakan untuk membayar biaya gas yang selama dua puluh empat jam pertujuh digunakan oleh rumah sakit untuk memasakkan makanan bagi pasien, perawat, dan dokter selama tiga kali sehari? Tanpa kita sadari, uang yang kita keluarkan tersebut tidak hanya digunakan untuk menggaji dokter dan perawat, maintenance peralatan rumah sakit, atau menyetok obat-obatan saja. Ternyata ada fungsinya yang lain yaitu untuk membayar biaya gas.

Jadi, bayangkan saja kalau tanpa gas atau misalnya pasokan gas di rumah sakit tidak stabil dan baik, maka pasien, perawat, dan dokter tidak akan mendapatkan asupan makanan tiga kali sehari yang sesuai dengan standard gizi.

Gas memang terdengar sangat sepele dan tidak kita perhitungkan fungsinya, namun ternyata tanpa kita sadari dan tahu bersifat sangat krusial dalam industri rumah sakit sehari-hari.

Nah, di Jakarta, PGN memberi layanan khusus kepada rumah sakit-rumah sakit ini, yang sudah setia menggunakan gas bumi sejak bertahun-tahun. Misalnya saja RSPAD Gatot Subroto yang sudah 30 tahun menggunakan gas bumi dari PGN.

Tidak susah bagi mereka, sebab sejak 30 tahun yang lalu, pipa-pipa gas ini sudah diinstalasi oleh PGN, sudah lama sekali ya, sayang kita baru mendengar gaung kerasnya akhir-akhir ini saja. Coba kita sudah tahu sejak dulu, mungkin sejak 30 tahun yang lalu kita sebagai industri dan rumah tangga sudah menggunakan energi yang bersih, murah, dan ramah lingkungan ini sejak awal, tidak hanya dari sekarang atau baru-baru ini saja.

Sebab, tahukah kamu? Di Jakarta sendiri, pipa gas sudah membentang sepanjang 584 km. Jadi, ayo cek, apakah pipa-pipa ini melewati daerah rumahmu atau sentra industrimu. Jika ya, segeralah dimanfaatkan dan pergi ke kantor PGN terdekat untuk mengisi formulir dan meminta instalasi.

Lalu apa yang dilakukan PGN di sepuluh rumah sakit yang ada di Jakarta? Mereka memberikan layanan ekstra khusus yaitu berupa pemeriksaan, perawatan, leak test dengan methane detector, penataan alat kerja pelanggan, hingga pengecatan ulang pipa-pipa gas. Wah dan super sekali ya yang mereka lakukan untuk memuaskan pelanggannya?

Kita berdoa saja, semoga selain RSPAD Gatot Subroto, RS Cipto Mangunkusumo, RS Santo Carolus, RS Thamrin, RS Bunda, RS Jakarta, RS Tebet, dan RS YPK Mandiri, PGN juga hadir di rumah sakit-rumah sakit lain sebagai bentuk komitmen layanannya.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

 

Jakarta, 30 November 2016
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s