Terima Kasih Polri, Kami Dukung Dan Percaya Hukum Yang Tengah Berjalan

Pada 7 November lalu saya menuliskan peristiwa 411 yang kelak akan menjadi bagian sejarah Indonesia yang layak kita banggakan, yaitu bagaimana demokrasi negeri kita setelah 71 tahun merdeka akhirnya matang juga.

Pada hari ini ribuan suara rakyat pada aksi 411 didengarkan juga oleh pemerintah. Gelar perkara yang ditujukan pada Ir. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya dilaksanakan sesuai dengan proses hukum yang berlaku di Indonesia: transparan, adil, dan professional.

Polri sebagai lembaga penegak hukum yang netral sudah bekerja dengan sangat baik untuk memenuhi komitmennya yaitu menegakkan hukum di Indonesia. Dan seperti yang diberitakan di media-media, pada hari ini Polri resmi memutuskan Ir. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tersangka.

Sebagai bagian dari masyarakat entah itu yang merasa pro atau kontra terhadap keputusan ini, tentu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi pada euforia ini selain diam saja atau hanya memperkeruh suasana.

Pertama, kita bisa menghormati hukum yang tengah berjalan. Kedua, kita bisa turut mengawasinya agar keadilan dalam proses ini tetap ditegakkan. Ketiga, tunggu saja proses hukumnya. Karena apapun hasilnya nanti, yakinlah jika Polri sebagai lembaga yang independent menangani kasus ini dengan sebaik-baiknya. tanpa memihak siapa-siapa.

Dan seperti yang sudah dihimbau oleh berbagai pihak mulai dari Presiden Republik Indonesia hingga tokoh-tokoh Muslim seperti Din Syamsuddin, Yusnar Yusuf Rangkuti, dan Zainut Tauhid hendaklah kita bersabar dengan proses hukum yang sedang berjalan ini karena keadilan sedang ditegakkan. Jangan lupa juga tetap waspada dan berhati-hati pada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang berusaha memecah belah kebhinekaan kita dengan aksi provokasi mereka. Jangan kita mau terpancing, sebab jika kita mulai berselisih lagi satu sama lain mereka lah yang akan diuntungkan. Ingat-ingat saja jika keutuhan NKRI adalah harga mati.

Sekali lagi, terima kasih Polri, terima kasih Tito Karnavian dan tim karena sudah mengawal proses hukum ini sampai detik ini. Semoga prosesnya tetap berjalan transparan dan adil, tidak ada aksi demo besar-besaran lagi di ibu kota kita tercinta.

 

Jakarta, 16 November 2016
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s