Harga Gas Mahal? PGN Beri Solusinya!

Fenomena harga gas mahal cenderung menjadi keluhan pelaku bisnis alih-alih rumah tangga. Sebagai contoh sederhananya saja, seorang pengusaha nasi jamblang di Cirebon bisa menghemat 7-8 juta pertahun karena menggunakan energi alternatif gas bumi yang kini sedang menjadi primadona PGN. Penghematan yang menakjubkan untuk kelas UMKM, setuju?

Dengan besar hati harus diakui jika gas bumi yang sedang menjadi mega proyek Perusahaan Gas Negara ini merupakan solusi bagi kita semua yang ingin menggunakan energi murah dan aman namun tetap ramah lingkungan.

Komitmen PGN untuk terus membangun negeri dengan memperluas dan menyalurkan energi gas bumi melalui pipa-pipa gas yang dibangun PGN guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia pun bukan omong kosong belaka. Kita bisa melihat bukti-buktinya, data-data yang disajikannya. Misalnya saja, pada Februari 2016 di Sorong Papua, PGN menyalurkan gas bumi ke 3.898 rumah tangga di lima keluarahan berbeda. Senang bukan mendengarnya? Di tengah gempuran isu tentang Indonesia Timur, PGN yang merupakan bagian dari pemerintah Indonesia tidak mengesampingkan saudara kita yang ada di Sorong Papua, geliat pembangunan itu ada dan nyata, coba diperata dari ujung Barat Indonesia hingga ke ujung Timur sana.

Prestasi lain dari PGN yang sudah masuk agenda rencana mereka adalah menambah panjang pipa-pipa gas mereka pada periode 2016-2019 ini. Pipa sepanjang 1.685 km akan dibangun. Maka, pada 2019 nanti Indonesia sudah memiliki pipa-pipa gas yang membentang sepanjang 8.656 km. Di mana pipa-pipa yang menyuplai gas bumi ini sudah bisa dinikmati oleh semua sektor dari rumah tangga, UMKM, hingga industri.

Hebatnya lagi, menurut Heri Yusup, Sekretaris Perusahaan Gas Negara, dari 8.656 km jaringan pipa gas yang mereka bangun, 7.100 km sendiri merupakan pipa-pipa yang dibangun sendiri oleh PGN tanpa mengandalkan APBN. Bravo! Perusahaan Gas Negara sudah membuktikan kapabilitas dan kemandirianya dalam menjalankan roda pembangunan di bumi nusantara tanpa bergantung lagi dari pundi-pundi uang negara.

Selain memfokuskan diri pada pembangunan pipa-pipa gas ini, PGN juga menambahkan 60 SPBG di berbagai daerah mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara. Selain itu PGN juga berencana membangun Mini LNG system untuk Indonesia bagian tengah dan timur.

Di mata PGN, naiknya harga minyak bumi di pasar merupakan momentum yang tepat untuk menggenjot pembangunan infrastruktur si energi alternatif. Dengan pipa sepanjang 8.656 km tersebut, pada 2019 kita bisa menghemat Rp 110,9 trilyun. Angka yang luar biasa.

 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

 

Jakarta, 14 November 2016
Advertisements

One thought on “Harga Gas Mahal? PGN Beri Solusinya!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s